5 Jenis Karakter Binatang Saat Mendongeng Yang Sering Dipilih

Ini Loh Karakter Binatang yang Sering Dipilih Saat Mendongeng

Ketika mendongeng, sering kali pendongeng menggunakan karakter binatang dalam kisahnya untuk berperan sebagai tokoh cerita, tentunya hal ini ditemukan dalam dongeng fabel.

Nah, ada beberapa karakter binatang yang paling sering dipilih saat mendongeng, apa sajakah binatang yang dimaksud? Berikut ini 5 di antaranya:

Sumber: kumparan.com
  1. Kancil

Kancil disebut juga pelanduk, merupakan binatang yang sering digambarkan cerdik, pemberani, dan banyak akal jika menjadi tokoh dalam dongeng.

Padahal binatang aslinya sangat bertolak belakang loh. Kancil merupakan binatang pemalu dan mudah terkejut sehingga akan langsung melarikan diri jika ada yang mengejutkannya.

Nah, dalam dongeng biasanya kancil digambarkan seperti rusa, padahal wujud aslinya kancil tidak memiliki tanduk, bahkan secara wajah … kancil lebih menyerupai tikus, oleh sebab itu ia juga disebut mouse deer.

Ketika bertemu musuh, kancil biasanya terdiam mematung untuk beberapa saat, kemudian berlari zigzag ke dalam hutan. Guna lari zigzag ini adalah agar tidak mudah diikuti dan dikejar oleh musuhnya. Hmm… mungkin inilah yang menyebabkan kancil ditokohkan sebagai binatang cerdik?

  1. Binatang unggas

Selain kancil, binatang yang sering dipakai dalam dongeng adalah binatang unggas seperti itik, ayam, dan burung.

Dalam kisah Itik Buruk Rupa misalnya, seekor itik yang tampak berbeda dari itik lainnya dijauhi karena kondisi fisiknya yang tak cantik, jauh berbeda dari saudara-saudara itiknya yang lain, namun kemudian diketahui bahwa itik buruk rupa tersebut bukanlah itik asli sebagaimana saudaranya yang lain, ia adalah seekor angsa yang tumbuh indah dan memukau.

  1. Binatang reptil

Selanjutnya, binatang yang banyak ditemukan dalam dongeng adalah binatang melata alias reptil.

Contohnya buaya, ular, cicak. Nah, binatang reptil ini kebanyakan memerankan tokoh antagonis alias tokoh yang memiliki karakter kurang baik.

Buaya misalnya, dalam dongeng Kerbau dan Buaya, ia digambarkan berkarakter sangat manipulatif, rakus, pembohong, dan tidak tahu berterimakasih.

Kisah selengkapnya dongeng ini bisa dicek lebih lanjut di www.dongengceria.org yaa.

  1. Kelinci

Kelinci merupakan binatang dengan karakter dongeng yang juga berbeda dari binatang aslinya. Kalau dibandingkan dengan binatang asli di kehidupan nyata, Kelinci biasa digambarkan sebagai tokoh yang ambisius, pintar, namun sombong.

Dalam kisah Kelinci dan Kura-kura misalnya, si kelinci menantang kura-kura untuk lomba berlari, ternyata meskipun kelinci bisa melompat cepat, tetap saja kura-kura yang memenangkan kompetisi. Mengapa? Yaa karena kelinci tertidur sebelum sampai ke garis finish.

Kisah kelinci dan kura-kura ini seakan menyentil kita yang suka beristirahat sebelum menyelesaikan tugas. 

  1. Kerbau

Selanjutnya, binatang yang populer ditemukan dalam cerita dongeng adalah kerbau.

Mungkin karena tanduknya yang kuat dan biasanya kerbau sering dipergunakan oleh petani untuk membantu membajak sawah, maka karakter kerbau yang biasanya ditemukan dalam kisah dongeng digambarkan sebagai tokoh cerita yang kuat, pekerja keras, baik hati, dan suka membantu.

Jadi, binatang mana yang menjadi favoritmu dalam dunia dongeng? Dan, jika mendapat kesempatan membuka jasa dongeng, binatang apa nih yang akan sering Sahabat bawakan ceritanya? 

Pemilihan kisah fabel dengan tokoh berbagai binatang ini akan berdampak pula pada media boneka yang dipilih. Misalnya, anak lebih suka dengan kisah kancil, tentunya jangan sampai menggunakan media boneka yang bersebrangan karakternya dengan si kancil.

Published
Categorized as Tips

Leave a comment

Your email address will not be published.